kenary

just for fun , be your self

Cina Pencemar no 1 Dunia

leave a comment »

Cina telah mengambil alih posisi Amerika Serikat sebagai pencemar terbesar dunia, kata laporan ilmiah baru yang akan diterbitkan bulan depan.

Penelitian ilmiah tersebut mengindikasikan bahwa emisi gas rumah kaca negara itu telah ditaksir terlalu rendah, dan mungkin melampaui kadar emisi Amerika pada periode 2006-2007.

Tim University of California akan melaporkan hasil penelitian mereka dalam penerbitan Journal of Environment Economics and Management.

Mereka memperingatkan, pertumbuhan tak terkendali di masa datang akan mengecilkan tingkat pengurangan emisi sebesar apa pun yang dilakukan oleh negara-negara kaya berdasarkan Protokol Kyoto.

Tim mengakui ada ketidakpastian soal waktu Cina mungkin telah menjadi negara dengan emisi C02 terbesar, mengingat analisis mereka berdasarkan data tahun 2004.

Sampai saat ini, Amerika tetap umum diyakini sebagai sang “Pencemar Nomor Satu”.

Kebijakan

Laporan bulan depan University of California memperingatkan, kecuali Cina mengubah kebijakan energinya secara radikal, kenaikan emisi gas rumah kaca negara itu akan mencapai beberapa kali lebih besar dari tingkat pengurangan emisi yang dihasilkan oleh negara-negara kaya di bawah Protokol Kyoto.

Para peneliti mengatakan, angka mereka berdasarkan data dari tingkat provinsi yang dikeluarkan Badan Perlindungan Lingkungan Cina.

Mereka mengatakan, analisis terhadap 30 data point lebih informatif soal proyeksi emisi masa depan daripada statistik nasional dalam penggunaan yang lebih luas, sebab data itu memungkinan kekeliruan dilacak secara lebih seksama.

Mereka meyakinkan model komputer yang ada saat ini secara subtansial keliru menaksir proyeksi pertumbuhan emisi di Cina.

Pemerintah Cina belum mengeluarkan pernyataan untuk mengomentari isi laporan ini, tapi Dr Max Auffhammer, kepala peneliti, mengatakan, proyeksinya telah dipresentasikan di beberapa forum dan tidak satu pihak pun mengajukan keberatan serius.

Semua yang prihatin soal perubahan iklim sepakat emisi Cina adalah masalah, termasuk Cina sendiri.

Namun, Cina dan banyak negara sedang berkembang lain yang berjuang untuk mengatasi kemiskinan bersikeras menyatakan, pengurangan emisi melalui perundingan semestinya tidak bersifat absolut, tapi relatif terhadap skenario proyeksi pertumbuhan “biasa”.

Itulah sebabnya penelitian ini lebih bersifat kepentingan akademis.

Secara ringkas, kendati penelitian ini tampaknya mencoreng reputasi Cina, mungkin itu justru bagus bagi posisi tawar Cina di meja perundingan.

Pemerintah Cina perlu mengubah kebijakannya
Pemerintah Cina perlu mengubah kebijakannya

Cina dan PBB bersikukuh menyatakan, negara-negara kaya dengan tingkat pencemaran per kapita tinggi harus terlebih dahulu mengurangi emisi, dan membantu negara-negara miskin untuk berinvestasi di bidang teknologi bersih.

Emisi per kapita Amerika lima hingga enam kali lebih tinggi dari emisi per kepala Cina, sekalipun Cina telah menjadi negara ekonomi manufaktur utama.

Emisi Amerika juga masih terus tumbuh, meski jauh lebih lambat.

Written by kenary

Juni 21, 2008 pada 6:18 pm

Ditulis dalam berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: