kenary

just for fun , be your self

Penderita AIDS di Indonesia Hingga Maret 2008 Capai 17.998

leave a comment »

Illustrasi
Foto : Illustrasi

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), dr. Nafsiah Mboi mengemukakan di Makassar, Rabu,18/6-2008, dari angka tersebut, 10 persen di antaranya merupakan kasus HIV ,sedangkan 90 persen lainnya berpotensi AIDS bila tidak segera ditangani.

Menurut Nafsiah, salah satu upaya penanggulangan HIV/AIDS adalah melalui program “harm reduction”, yakni mengurangi dampak buruk khususnya infeksi HIV di kalangan pengguna narkoba dengan jarum suntik.

Upaya pengobatan yang dilakukan untuk menekan laju penyebaran virus ini adalah melalui pengobatan dengan antiretroviral (ARV), yaitu obat yang bisa menghambat laju perkembangan virus di dalam darah serta penanganan yang manusiawi.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga akan melibatkan masyarakat serta menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap pengguna Napza suntik.

Sebab selama ini, ujar Nafsiah, orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dan pengguna Napza suntik sering mendapat perlakuan yang diskriminatif di sarana-sarana kesehatan.

Sementara itu, Ririn Habsari dari Yayasan Pendidikan Rakyat Indonesia (YPRI), menyebutkan berdasarkan hasil riset yang dilakukannya pada Juli hingga November 2007, korban narkoba juga ada yang berasal dari perempuan baik sebagai pengguna maupun mereka yang memiliki pasangan sebagai pengguna narkoba.

Menurut dia, pengguna narkoba perempuan sering menjadi tameng bagi pengguna narkoba pria dan kadang bertugas pula mencari uang dan mencari barang serta mengurusi pasangannya.

Sementara perempuan yang memiliki pasangan pengguna narkoba sering pula mendapat masalah dimana mereka dipermalukan, selalu dibohongi bahkan sering mengalami kekerasan, termasuk harta dan tabungannya terkuras akibat tindakan yang dilakukan pasangannya.

Akibatnya, kata Ririn, perempuan pengguna narkoba maupun mereka yang memiliki pasangan sebagai pengguna narkoba, mengalami masalah kesehatan, sosial dan ekonomi.

Sebab itu dia berharap agar ada upaya yang dilakukan KPA untuk memperkecil jumlah perempuan yang tidak tahu status kecanduan dan status HIV pasangannya.

Written by kenary

Juni 21, 2008 pada 6:04 pm

Ditulis dalam berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: