kenary

just for fun , be your self

Perangko Bung Karno-Fidel Castro dan Che Guevara Diluncurkan

leave a comment »

Perangko Soekarno - Fidel Castro
Perangko Soekarno – Fidel Castro

PT Pos Indonesia meluncurkan sampul perangko dihiasi dua buah perangko prisma Bamberger’s Presiden Soekarno dengan Fidel Castro dan perangko lainnya bergambar Presiden Soekarno dengan Che Guavara.

Kepala Humas Ditjen Postel Depkominfo, Gatot S Dewobroto yang dihubungi di Jakarta, Jumat, 23/5-2008, mengatakan peluncuran sampul perangko tersebut dalam rangka memperingati kunjungan Presiden Soekarno ke Kuba pada tahun 1960 dan telah diluncurkan pada 14 Mei silam.

“Perangko dicetak secara terbatas sebanyak 3.000 lembar,” kata Gatot.

Sampul peringatan berdesain Monumen Nasional kedua negara, dan bendera kedua negara menghiasi latar belakang perangko-perangko tersebut.

Perangko pertama menampilkan gambar Soekarno sedang memberikan souvenir berupa keris kepada Fidel Castro, sedangkan pada perangko kedua ditampilkan gambar Soekarno sedang berbincang dengan Che Guevara.
Foto-foto tersebut diambil pada saat kunjungan Presiden Soekarno ke Kuba pada 9-14 Mei 1960.

Kepala Unit Filateli PT Pos Indonesia, Abdussyukur, mengatakan PT Pos Indonesia dan pihak Kuba akan meluncurkan kembali dua perangko tersebut pada 19 Juni 2008 dalam rangka memperingati kunjungan Soekarno ke Kuba tersebut dan memperingati kelahiran Che Guevara.

Pihak Pos Indonesia dan Pos Kuba akan saling mempertukarkan perangko dan sampul peringatan/sampul hari pertama masing-masing.

Hubungan diplomatik antara Republik Indonesia dengan Republik Kuba resmi dibuka 22 Januari 1960. Presiden Soekarno berkunjung ke Kuba pada tanggal 9-14 Mei 1960 guna memenuhi undangan Presiden Osvaldo Dorticos dan Perdana Menteri Fidel Castro Ruz.
Kunjungan tersebut merupakan kunjungan kepala negara asing yang pertama setelah Revolusi Kuba tahun 1959 sehingga dianggap sebagai pengakuan “de facto” terhadap Revolusi Kuba.
Kedatangan Presiden Soekarno disambut oleh Presiden Osvaldo Dorticos, PM Fidel Castro serta pejabat penting lainnya, antara lain Gubernur Bank Nasional Che Guevara dan Menteri Luar Negeri Dr. Raul Roa Garcia.
Pemerintah Kuba pada tahun 1960 memberikan nama bagi tiga Sekolah Dasar di wilayah berbeda dengan nama Escuela Primaria Republica de Indonesia, yakni di Guanajay (Propinsi Havana) serta di Municipio Marti dan Municipio Jaguey Grande (Propinsi Matanzas).

Written by kenary

Juni 21, 2008 pada 7:02 pm

Ditulis dalam berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: