kenary

just for fun , be your self

Situs Gereja Tertua di Dunia Ditemukan

leave a comment »

Arkeolog Jordania kembali mengklaim telah menemukan gereja tertua di dunia. Situs kuno di bawah Gereja St Georgeous, Kota Rihab, kawasan utara Jordania itu ditemukan setelah penggalian selama tiga bulan.

Konon, umur situs tersebut lebih tua daripada gereja kuno yang ditemukan pada 1998 di sebelah selatan Kota Pelabuhan Aqaba, Jordania.

“Situs ini sudah ada sejak tahun 33-70,” papar Abdel-Qader Hussein, pimpinan Rihab Centre for Archaeological Studies Jordania

Menurut dia, situs kuno tersebut juga dilengkapi bukti-bukti ritual religius kaum kristiani pada zaman itu.

Menurut Hussein, situs bawah tanah tersebut digunakan sebagai gereja oleh sekitar 70 murid Yesus pada abad pertama setelah wafatnya Kristus.

“Ini adalah gereja pertama di dunia yang digunakan sebagai rumah ibadat umat kristiani sambil bersembunyi dari musuh,” tandasnya.

Di situs tersebut terdapat mazbah melingkar yang digunakan sebagai area penyembahan. Juga, terdapat sejumlah tempat duduk dari batu yang diletakkan di sekitarnya. Area itu, lanjut Hussein, dipisahkan dari lorong panjang yang berujung pada sumber mata air.

Yang membuat dia semakin yakin, di lantai Gereja St Georgeous ada mozaik yang menyiratkan 70 murid terkasih Yesus sebagai pendiri gereja tersebut.

Selain itu, situs di dalam gua tersebut jelas lebih dulu ada sebelum Gereja St Georgeous berdiri. Padahal, berdasar penelusuran sejarah, diketahui bahwa gereja itu dibangun pada 230. Dengan demikian, umur situs yang baru ditemukan di Kota Rihab tersebut jauh lebih tua daripada dua situs gereja kuno lain yang sudah lebih dulu ditemukan. Yakni, situs Aqaba di Jordania dan satu situs lain yang ditemukan di Israel pada 2005.

Written by kenary

Juni 21, 2008 pada 6:44 pm

Ditulis dalam berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: